By: MOH. BADRUS SHOLEH, S.Pd.I
Perencanaan mutu strategis dapat diartikan sebagai proses penyusunan langkah-langkah kegiatan menyeluruh secara sistematis, rasional, berkiat, dan berjangka panjang serta berdasarkan visi, misi, dan prinsip tertentu untuk memenuhi kebutuhan mendasar dan menyeluruh para pelanggan.
Perencanaan strategis memungkinkan formulasi prioritas-prioritas jangka panjang dan perubahan institusional berdasarkan pertimbangan rasional. Tanpa strategi, sebuah lembaga pendidikan tidak akan bisa yakin bagaimana mereka bisa memanfaatkan peluang-peluang baru. Perlunya upaya-upaya strategis tersebut tidak hanya untuk mengembangkan rencana lembaga. Signifikansi yang nyata adalah bahwa ia menjauhkan perhatian pengelola lembaga dari isu-isu harian dan menekankan sebuah pengujian kembali terhadap tujuan utama dari lembaga pendidikan dalam hubungannya dengan pelanggannya.
Proses perencanaan strategis
Proses perencanaan strategis dalam konteks pendidikan tidak jauh berbeda dengan yang biasanya dipergunakan dalam dunia industri dan komersial. Alat-alat yang digunakan untuk menentukan misi dan tujuan akhir serta untuk menganalisa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman jugs hampir sama, hanya perlu penerjemahan yang baik. Alat-alat itu sendiri harus sederhana dan mudah dipergunakan. Kekuatan alat-alat tersebut berasal dari fokus yang mereka berikan terhadap proses berfikir institusi. Alat-alat tersebut mempertanyakan keberadaan institusi-institusi tersebut, untuk siapa institusi itu ada, dan apakah ia mengejar tujuan-tujuan yang benar. Semua pertanyaan tersebut adalah pertanyaan-pertanyaan yang penting, khususnya untuk institusi yang sudah memiliki status mandiri atau diakui
Langkah-langkah perencanaan Manajemen Mutu Terpadu
Menggunakan sebuah pendekatan yang sistematis dalam merencanakan masa depan institusi merupakan hal yang penting. Strategi harus didasarkan pada kelompok-kelompok pelanggan dan harapan-harapan mereka yang bervariasi, selanjutnya adalah dengan mengembangkan kebijakan-kebijakan serta rencana-rencana yang dapat mengantarkan instansi pada pencapaian visinya.
Langkah-langkah perencanaan Manajemen Mutu Terpadu | ||
1 | Visi, Misi, dan Tujuan | Apa jenis usaha kita? |
2 | Analisa Pasar | Siapa pelanggan kita den ape yang mereka harapkan? |
3 | Analis SWOT dan Faktor Penting Sukses | Apa yang kits butuhkan agar menjadi baik? |
4 | Perencanaan Operasi dan Bisnis | Bagaimana cara agar kita meraih kesuksesan? |
5 | Kebijakan dan Perencanaan Mutu | Bagaimana cara kita berbuat dalam menyampaikan mutu? |
6 | Biaya Mutu | Biaya apa yang dibutuhkan mutu? |
7 | Monitoring dan Evaluasi | Bagaimana kits tahu bahwa kita sukses? |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar