Minggu, 24 Mei 2009

HAKEKAT CINTA

Seseorang lelaki miskin, jatuh cinta kepada seorang wanita yatim-piatu namun jauh lebih kaya dan terhormat daripada dirinya.Karena saking cintanya, dia nekat untuk melamar sang gadis pujaan hatinya itu dan menemuinya.
"wahai engkau gadis yang kaya dan terhormat,aku mencintaimu."
si gadis menjawab"ada kekuatan sebesar apa,sehingga kau berani menemuiku.Atau adakah sesuatu yang sangat berharga yang kamu bawa untuku hingga kau begitu yakin mengemukakan cintamu padaku?."
"wahai gadis yang aku suka, aku memang miskin tiada punya uang dan berlian,tapi jika kau sudi berikan sepercik cintamu saja padaku,akan aku lakukan apa yang kau mau, dan akan kutinggalkan apa yg kau tidak ingikan dariku."kata simiskin..
"sungguh kau tak tau malu,sudah begitu miskin sombong pula"kata si gadis...
sigadis geram,dia berfikir orang miskin ini bukan mencintainya,tapi mencintai hartanya.Lalu diperintahkanlah pada pembantu untuk mengambil uang dan emas miliknya.setelah uang dan emas itu ditangan si gadis,kemudian dilemparkanya kewajah si miskin sambil berkata:
"Hai kau orang miskin, enyahlah dariku..bawa itu uang dan emas untukmu,jangan kira aku akan menerima kamu jadi kekasihku,jangan pernah kembali lagi kesini,kau sudah akan kaya diluar sana,dan perempuan cantik manapun akan mudah kau dapat."
simiskin menangis,lalu berkata: wahai kau cintaku, aku tak menyangka kau akan membeli cintaku yang sangat berharga dengan batu-batu busuk dan kertas yang tidak berharga sama sekali.Aku memang miskin dan sangat sombong,padahal jika kau beri aku setetes cintamu saja,untuk sekedar membasahi jiwaku yang haus akan cintamu,akan kulakukan apa saja untukmu dan kuberikan yg paling berharga sekalipun.Sepanjang hidup,ada dua hal yang menjadi harta paling berharga yang aku punya,yaitu apa-apa sebutan yg pantas untuku "miskin dan sombong".Jika saja kau suka "miskin"-ku, dan kau tiidak suka "sombong"-ku, akan aku tinggalkan kesombonganku, dan akan aku biarkan aku hanya miskin.Dan jika sebaliknya,kau menyukai "sombong"ku dan tidak menyukai miskinku, akan kutinggalkan miskin itu dan aku hanya akan sombong saja.Dan ketika kau menyukai keduanya, mencintai simiskin yang sombong, maka seluruh jiwa-ragaku,cinta dan kesetiaan dengan penuh tanggung jawab akan seutuhnya menjadi milikmu."
Aku tidak menyangka, kau yang begitu pandai,cantik,terhormat dan bijaksana, melmparkan kepadaku uang dan emas,padahal kau tau bahwa aku sombong, Aku tidak akan menerimanya.Terima kasih, setidaknya aku telah puas disini, mennujukan bahwa akupun punya barang berharga."Miskin dan Sombong."
sesaat sebelum simiskin beranjak,dan membalikan tubuh untuk pergi.Dia diganjal oleh suara:
"Tunggu,kau bukan hanya akan jadi suamiku,dan akan menjadi bapak dari anak-anak kita kelak.Kau-pun akan menjadi guru-ku dalam membimbingku menuju sebuah kebahagiaan.Cintaku untukmu, dan kemarilah mendekatku,mari kita menikah."
Simiskin berkata "Aku tetap akan pergi, karena jika tinggal disini bersamamu,aku akan dikelilingi oleh setan-setan yang menyuruhku untuk meninggalkan kemiskinan dan kesombonganku.JIka kau mencintaiku, ikutlah..jika tidak maka kau hanya berdusta, dan kau tidak mencintai apa-apa, selain batu-batu dan kertas itu."
Lalu sigadis, berdiri menetapkan langkah dan meraih tangan simiskin erat-erat.Kemarin, aku telah hina.Aku bangga akan sesuatu yang sungguh tiada harganya sama skali.Dan tentu aku akan jauh lebih hina,jika aku tetap tinggal disini dan tidak meraihmu,karena jika aku tidak ikut denganmu, maka aku akan membuang sesuatu yang sangat luar biasa berharga.Dan yang berharga itu,kau..calon suamiku.Aku ikut dengamu..Aku mencintaimu.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar