Minggu, 24 Mei 2009

YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM AT-TAUHIID

Akte Notaris Bambang Hermanto No. 20/2007
Terdaftar di Pengadilan Negeri Jember No. 60/Y/2007
E-mail : at_tauhiid@telkom.net dan attauhiid_suco@yahoo.com
Timur Gudang Dsn. Krajan Desa Suco Kec. Mumbulsari Kab. Jember 68174 Telp. 085236344526


MUKADIMAH
Segala puji bagi Allah Azza wa Jalla, kita memuji-Nya, memohon pertolongan-Nya dan memohon ampunan-Nya. Kita berlindung kepada-Nya dari kejahatan nafsu kita dan dari keburukan amal perbuatan kita. Barangsiapa diberi petunjuk oleh Allah, maka tiada satupun yang bisa menyesatkannya dan barangsiapa disesatkan-Nya, maka tiada satupun yang bisa menunjukinya. Saya bersaksi bahwa tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah sendiri, tiada sekutu bagi-Nya dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan Rasul-Nya. Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam. Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan isterinya; dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu. Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barangsiapa menta`ati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar.

LATAR BELAKANG
Tantangan global dan globalisasi terhadap lembaga pendidikan Islam saat ini jauh lebih kompleks dari pada tantangan yang dihadapi oleh lembaga pendidikan Islam pada masa silam. Salah satu implikasi globalisasi adalah semakin menguatnya tuntutan untuk menciptakan sebuah lembaga yang mampu memberikan alternatif-alternatif bagi penyelesaian permasalahan kehidupan, sehingga tidak terjebak pada verbalisme yang ilusif dan seremonial belaka. Sebagai jantung perkembangan peradaban, lembaga pendidikan harus mampu memainkan peranannya sebagai wahana pembudayaan, pengetahuan, dan pendidikan secara integral. Singkatnya pembenahan mental dan intelektual. Seperti sebuah nasehat dari Sang Teladan, Rasulullah S.A.W. " Didiklah anak-anakmu karena ia akan hidup di zaman yang bukan zamanmu". Karena itulah hakekat pendidikan dalam Islam, bukan sebatas transmisi ilmu pengetahuan saja agar anak mampu menggunakan fasilitas hidup, tapi sesungguhnya ialah proses pendidikan mental agar anak mengerti makna dan tujuan hidup. Yayasan pendidikan Islam At-Tauhiid sebagai lembaga pendidikan Islam, yang didirikan sejak 2004, menyadari betul persoalan di atas. Karenanya, berangkat dari pengabdian (ibadah) sebagai hakikat kehadiran manusia di atas muka bumi ini, Yayasan pendidikan Islam At-Tauhiid mempunyai tugas untuk mempersiapkan generasi Islam Indonesia yang cemerlang dan gemilang.
Di era yang semakin global dan konfititip ini, kita dituntut adanya sumber daya manusia yang berkwalitas dan berwawasan luas. lembaga pendidika Islam menjadi pilihan yang strategis dalam mempersiapkannya. Pendidikan di dalam Islam bukan hanya sekedar mengejar selembar ijazah dan pekerjaan, tetapi sebagai wujud penghambaan diri kepada Allah SWT, memakmurkan isi bumi dan membangun masyarakat sejahtera dan adil dengan berakhlaqul karimah.

Yayasan pendidikan Islam At-Tauhiid didirikan sebagai wahana peran serta untuk menumbuh kembangkan keunggulan kwalias sumberdaya manusia yang di mulai dari pendidikan semenjak dini dan terus berkelanjutan. Agar mereka dapat menjadi generasi yang dapat hidup di zamannya.
DASAR PEMIKIRAN
Dunia pendidikan merupakan komponen terpenting dalam mewujudkan bangsa yang bermartabat, berperadaban, dan di segani oleh bangsa lain. Peringkat Pendidikan Indonesia di dunia sampai dengan saat ini menempati urutan ke 114, ini megindikasikan bahwa masih banyak kelemahan-kelamahan yang ada, baik dari konsep Pendidikan, sistem, metotologi, sarana dan prasarana serta pendanaan yang kurang memadai. Oleh karenanya banyak hal yang perlu di benahi, ditingkatkan dan dikembangkan.
Ironisnya lagi dizaman globalisasi ini terjadi kemerosatan moral bangsa. Banyak tindakan yang bertentangan dengan nilai-nilaia agama legal dilakukan dimana-mana. Hal ini menuntut pesantren perlu lebih proaktif dalam membentengi akidah dan moral umat. Tentunya dalam upaya mewujudkan itu semua dibutuhkan strategi unggul, sumberdaya manusia kompeten dan sarana prasarana yang refresentatif. Oleh karena itu kepedulian pemerintahh sangat dibutuhkan untuk sama-sama bertanggung jawab membenahi permasalahan ini.
Adalah tidak adil jika pemerintah tidak memperhatikan kondisi pesantren, dan lebih mementingkan sekolah umum yang secara realita ternyata tidak mampu memecahkan permasalahan bangsa. Lembaga pendidikan Islam perlu mendapat perlakuan khusus agar sistem dan sarana prasarananya sama seperti sekolah umum. Kenapa perlu diberi perhatian khusus karena dari dulu lembaga pendidikan Islam kenyataannya memang kurang mendapat perhatian dari pemerintah. Tentunya lembaga pendidikan Islam dari berbagai sumberdayanya sudah kalah jauh dari sekolah umum.
Secara Historis lembaga pendidikan Islam telah berperan aktif dalam berbagai kehidupan kebangsaan. Sejara mencatat bahwa kalangan umat Islam berada di garis terdepan dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia dan pada zaman pembangunan ini lembaga pendidikan Islam juga aktif dalam upaya mencerdaskan anak bangsa dan menanamkan nilai-nilai moralitas kepada segenp lapisan masyarakat. Maka sudah selayaknya pemerintah berkerjasama aktif dengan lembaga pendidikan Islam dengan ikut membantu memberikan bantuan dana pengembangan lembaga pendidikan Islam
LANDASAN DAN MOTIVASI
1. "Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu Yang Menciptakan. Dia telah Menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah dan Tuhanmulah Yang Paling Pemurah. Yang mengajar manusia dengan perantaraan pena (qalam)". (QS. Al 'Alaq : 1-4)
2. “Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan berilmu pengetahuan" (Al-Mujadalah: 13)
3. “Tidaklah Aku Ciptakan jin dan manusia selain untuk beribadah kepada-Ku” (Al-Dzariyat:17)
4. “...... maka bertanyalah engkau kepada ahli dzikir (ulama) jika engkau tidak mengetahui.” (QS. An Nahl : 43)
5. “Katakanlah (hai Muhammad), samakah kedudukan orang yang berpengetahuan dengan orang yang tidak berpengetahuan?” (QS. Az Zumar: 9).

SUSUNAN PERSONALIA YPI AT-TAUHIID
Pelindung : Drs. Ali Usman Efendi (Kepala Desa Suco)
Penasehat : P. Um Shaleh

Pembina : Ust. Moh. Badrus Sholeh, S.Pd.I
H. Moh. Zuhri
Kyai. Shonhaji
Pengawas : Kyai. Rifa’i
Ketua/Pengasuh : Kyai. Syafi’i
Sekretaris : Ust. Sholehuddin, A.Ma
Bendahara : Ustadza. Raudatul Jannah, S.Pd
Divisi-Divisi
Divisi Humas : Ahmad Sholehuddin
Fathor Rohman
Divisi Pendidikan : Ust. Sholehuddin Munir
Ustadza. Hofifah
Ustadza Kholishotun Nafsiah
Ustadza Robbiyah
Divisi Sarana & Prasarana : Buhari Riz
P. Syaiful
P. Ahmad
P. Wasik
Divisi Litbang : Mustaqim
Ilmiatul Husna

PROFILE YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM AT-TAUHIID

Nama : Yayasan Pendidikan Islam At-Tauhiid
Alamat : Jl . Timur Gudang Krajan Suco Mumbulsari Jember 68174
Telp/Fax : 0331-7844911
Email : at_tauhiid@telkom.net
Tahun Berdiri : 1 Desember 2004
Pendiri : Ust. Moh. Badrus Sholeh, S.Pd.I
Kyai. Syafi’i
Kyai. Rifa’i
Terdaftar di Kandepag Jember : 09 Desember 2005
No. SK Kandepag : Mm.23/04.00/PP.00.7/1936/2005
NSPP : 512 350 909 020
Akte Notaris : Bambang Hermanto No. 20 Tanggal 26 Maret 2007
Terdaftar di Pengadilan Neger Jember : No. 60/Y/2007 Tanggal 28 Maret 2007
Jumlah Ustadz : 8 orang
Jumlah Santri : 78 Santri
SEBUAH PERJALANAN SEJARAH
Yayasan Pendidikan Islam At-Tauhiid adalah catatan sejarah. Ia lahir, tumbuh dan berkembang melalui proses alamiah, yakni kesungguhan,ketekunan, kerja keras yang melapisi komitmen dan tekad untuk memberikan pengabdian (ibadah) terbaik di atas muka bumi. kehadirannya dibumi Suco Mumbulsari Jember Indonesia turut mewarnai kehidupan sosio kultural masyarakatnya yang kental dengan aroma religiusitas.

Masyarakat Jember pada awal Abad 21 disadarkan oleh realitas kehidupan yang terus berubah. Mereka harus bangkit dan merubah pola pikirnya untuk mengejar dan meraih kejayaan Islam, bercermin dari semangat religiusitas.
Yayasan Pendidikan Islam At-Tauhiid, sebuah lembaga yang komitmen terhadap ilmu dan dakwah berdasarkan aqidah ahlussunnah wal jama’ah dan manhaj (jalan) para Salaf Shalih (pendahulu ummat yang baik) -semoga Allah meridhai mereka- , Yayasan Pendidikan Islam At-Tauhiid berdiri pada tanggal 1 Desember 2004 M di Dusan Krajan RT 01. RW 10 Desa Suco Kecamatan Mumbulsari Kab. Jember. Yayasan Pendidikan Islam At-Tauhiid tercatat sebagai badan hukum dalam Akte Notaris Bambang Hermanto, SH. No. 20/2007 tanggal 26 Maret 2007 dan tercatat di Pengadilan Negeri Jember No. 60/Y/2007 Tanggal 28 Maret 2007.
TUJUAN
Yayasan Pendidikan Islam ini bermaksud dan bertujuan merealisasikan pembangunan dan saling tolong menolong dalam kebajikan dan taqwa, guna mencapai kehidupan lahir dan bathin yang layak bagi manusia terutama masyarakat Islam di dalam arti yang seluas-luasnya untuk meraih Ridho Allah Subhanahu wa Ta’ala.
Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Yayasan Pendidikan Islam At-Tauhiid mengelola secara maksimal beragam sumber daya bagi kepentingan dakwah, pendidikan dan sosial, antara lain melalui : penyebaran ilmu dan pengetahuan Islam, riset ilmiah, kegiatan sosial.
Agar berbagai kegiatan tersebut berjalan lancar dan baik, Yayasan Pendidikan Islam membentuk lembaga pendidikan dan lembaga Dakwah serta lembaga Sosial (ekonomi-sosial).

VISI DAN MISI
. VISI YAYASAN:
"Terwujudnya Yayasan Pendidikan Islam At-Tauhiid sebagai miniatur masyarakat Islami dan lembaga pendidikan unggulan Pencetak generasi yang mu'min, mutaqin, rasikhina fi al-ilm"
Indikator Visi Yayasan Pendidikan Islam At-Tauhiid
• Miniatur Masyarakat Islami
1. Tumbuhnya ukhuwwah, ta’awun dan disiplin
2. Terbiasa menunaikan ibadah dan amal sholeh
3. Tegaknya amar ma’ruf nahyi munkar
4. Lingkungan yang nyaman, bersih, tertib dan aman
• Lembaga Pendidikan Unggulan, Unggul dalam:
1. Kurikulum
2. Tenaga Kependidikan
3. Kegiatan Pembelajaran
4. Prestasi
5. Fasilitas
6. Kegiatan Ekstra Kurikuler
 Generasi yang mukmin, muttaqiin, dan rasikhina fi al-ilm
1. Rajin beribadah kepada Allah
2. Mempunyai kesalehan sosial
3. amar ma’ruf nahi mungkar
4. cinta akan ilmu dan amal
B. MISI YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM AT-TAUHIID
"Membina insan ber-akhlâq-karimah yang tafaqquh-fiddin dan menguasai IPTEK"
Insan berakhlaqul-karimah yang Tafaqquh Fiddin dan menguasai IPTEK
1. Berperilaku sesuai akhlaqul-karimah: Ramah, Sopan, Santun, Rapih dlsb
2. Mandiri, Percaya Diri & Kreatif
3. Menguasai ilmu-ilmu Keislaman
4. Menguasai Ilmu baca tulis AL-Qur’an dengan baik

C. STRATEGI
1. Membiasakan seluruh komponen Yayasan untuk menjalankan ajaran Islam
2. Menyelenggarakan KBM : Efektif, Efisien, Nyaman dan Menyenangkan
3. Menerapkan konsep Belajar Tuntas (mastery learning)
4. Menyalurkan dan mengembangkan Minat dan Bakat Santri
5. Menyelenggarakan Bimbingan dan Penyuluhan: intensif & komprehensif
6. Mengoptimalkan Sarara & Prasarana yang memadai
7. Meningkatkan Pendayagunaan, pengembangan dan pembinaan SDM
8. Mengembangkan Kurikulum: berjenjang & berkesinambungan sesuai dengan
kebutuhan dan perkembangan zaman
9. Menumbuhkan semangat kebiasaan tiada hari tanpa Al-Qur’an

LEMBAGA- LEMBAGA
Yayasan Pendidikan Islam At-Tauhiid membentuk lembaga pendidikan dan lembaga Dakwah serta lembaga Sosial
Lembaga pendidikan terdiri Dari:
1. TKA/TKQ “Nurus Sibyan”
2. TPA/TPQ “ As-Syafi’iyyah
3. TQA “At-Tauhiid”
4. Madrasah Diniyyah Ula At-Tauhid
5. Madrasah Diniyyah Wustho At-Tauhid
6. Program Wajar Dikdas Salafiyah ula setara SD
7. Program Wajar Dikdas Salafiyah Wustho setara SMP
Lembaga Dakwah
1. Majlis Dzikir wat-ta’lim At-Tauhiid Tiap malam Jum’at
2. Majlis Istiqoshah waqi’ah Remaja at-tauhiid (MIWRA) Tiap Malam Rabu
3. Majlis Hotmil Qur’an “At-Taqwa” Tiap Hari Kamis
Lembaga Sosial
1. Rukun Kifayah Bersama (RKB)
2. Lembaga amil zakat infaq shodaqoh “Cahaya Tauhid”

PENUTUP
Sebagai penutup, Yayasan Pendidikan Islam At-Tauhiid senantiasa berusaha untuk berbuat yang benar dan menjauhi kesalahan. Alhamdulillah, segala puji bagi Allah yang tidak membebani kita sekalian dengan perbuatan yang kita tidak mampu melaksanakannya. Allah berfirman,” Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (QS. Al-Baqarah : 286)
Yayasan Pendidikan Islam At-Tauhiid senantiasa membuka pintu bagi setiap orang yang menginginkan kebaikan bagi umat Islam. Hanya Allah saja pemberi petunjuk ke jalan yang lurus. Shalawat dan salam senantiasa terlimpahkan atas nabi kita Muhammad, keluarganya dan para shahabat seluruhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar