Senin, 06 Desember 2010

Proses Perencanaan Mutu Strategis

By: MOH. BADRUS SHOLEH, S.Pd.I

Perencanaan mutu strategis dapat diartikan sebagai proses penyusunan langkah-langkah kegiatan menyeluruh secara sistematis, rasional, berkiat, dan berjangka panjang serta berda­sarkan visi, misi, dan prinsip tertentu untuk memenuhi kebu­tuhan mendasar dan menyeluruh para pelanggan.

Perencanaan strategis memungkinkan formulasi pri­oritas-prioritas jangka panjang dan perubahan institusi­onal berdasarkan pertimbangan rasional. Tanpa strategi, sebuah lembaga pendidikan tidak akan bisa yakin bagaimana mereka bisa memanfaatkan peluang-peluang baru. Perlunya upaya-upaya strategis tersebut tidak hanya untuk mengembangkan rencana lembaga. Signifikansi yang nyata adalah bahwa ia menjauhkan perhatian pengelola lembaga dari isu-isu harian dan menekankan sebuah pengujian kembali terhadap tujuan utama dari lembaga pendidikan dalam hubungannya dengan pelanggannya.

Proses perencanaan strategis

Proses perencanaan strategis dalam konteks pen­didikan tidak jauh berbeda dengan yang biasanya dipergunakan dalam dunia industri dan komersial. Alat-alat yang digunakan untuk menentukan misi dan tujuan akhir serta untuk menganalisa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman jugs hampir sama, hanya perlu penerjemahan yang baik. Alat-alat itu sendiri harus sederhana dan mudah dipergunakan. Kekuatan alat-alat tersebut berasal dari fokus yang mereka berikan terhadap proses berfikir institusi. Alat­-alat tersebut mempertanyakan keberadaan institusi-­institusi tersebut, untuk siapa institusi itu ada, dan apakah ia mengejar tujuan-tujuan yang benar. Semua pertanyaan tersebut adalah pertanyaan-pertanyaan yang penting, khususnya untuk institusi yang sudah memiliki status mandiri atau diakui

Langkah-langkah perencanaan Manajemen Mutu Terpadu

Menggunakan sebuah pendekatan yang sistematis dalam merencanakan masa depan institusi merupakan hal yang penting. Strategi harus didasarkan pada kelompok-kelompok pelanggan dan harapan-harapan mereka yang bervariasi, selan­jutnya adalah dengan mengembangkan kebijakan-­kebijakan serta rencana-rencana yang dapat mengantar­kan instansi pada pencapaian visinya.

Langkah-langkah perencanaan Manajemen Mutu Terpadu

1

Visi, Misi, dan Tujuan

Apa jenis usaha kita?

2

Analisa Pasar

Siapa pelanggan kita den ape yang mereka harapkan?

3

Analis SWOT dan Faktor Penting Sukses

Apa yang kits butuhkan agar menjadi baik?

4

Perencanaan Operasi dan Bisnis

Bagaimana cara agar kita meraih kesuksesan?

5

Kebijakan dan Perencanaan Mutu

Bagaimana cara kita berbuat dalam menyampaikan mutu?

6

Biaya Mutu

Biaya apa yang dibutuhkan mutu?

7

Monitoring dan Evaluasi

Bagaimana kits tahu bahwa kita sukses?




Tidak ada komentar:

Posting Komentar