Minggu, 14 Agustus 2011

6 Calon Pemain Naturalisasi

Proses naturalisasi enam pemain asing akan segera selesai dalam waktu dekat ini. Sebanyak empat pemain berasal dari Belanda yang mempunyai garis keturunan Indonesia, sedangkan dua pemain adalah pesepakbola yang bermain di Liga Indonesia.
Menurut Mantan Deputi Teknik Badan Tim nasional, Iman Arif, proses naturalisasi keenam pemain sudah hampir selesai tinggal menunggu Keppres dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
Setelah semua proses selesai, mereka akan disumpah oleh oleh Menteri Kehakiman dan HAM seperti beberapa pemain naturalisasi lainnya. Setelah resmi jadi WNI, para pemain bisa memperkuat Timnas Senior maupun Timnas U-23 tergantung keputusan pelatih.
Berikut Profil singkat para pemain itu.
Sergio van Dijk
Sergio van Dijk adalah pesepakbola asal Belanda yang kini bermain di Liga Australia bersama Adelaide United. Pemain kelahiran Aasen, Belanda 6 Agustus 1982 itu menjadi pemain yang pertama diperkenalkan untuk dinaturalisasi.
Sergio yang memiliki garis keturunan Indonesia dari ibunya itu mengaku bersedia memperkuat tim nasional Indonesia. Pada awalnya, Van Dijk tidak mau melepas kewarganegaraan Belanda secera permanen, tapi akhirnya dia rela melepas kewarganegaraan Belanda dan berganti menjadi warga negara indonesia.
Jhon van Beukering
van Beukering lahir di Velp, Belanda 29 September 1983. Saat ini, van Beukering bermain bagi klub CS Vise di Belgia karena kecewa dengan ketidakpastian Liga Indonesia, sebelumnya van Beukering sudah mengikat kontrak selama tiga tahun bersama Pelita Jaya.
van Beukering mengawali karirnya di Vitesse tahun 2000-2004 sebelum akhirnya dipinjamkan ke FC Zwolle tahun 2002-2003. Pada tahun 2204-2007, van Beukering resmi pindah ke De Graafschap yang membawanya menjadi pemain terbaik di klub tersebut. Beberapa kali Beukering berpindah klub, mulai dari NEC, Go Ahead Eagles, Feynord, dan CS Vise.
Beukering sebenarnya sempat diudang memperkuat Indonesia saat menghadapi Uruguay beberapa waktu lalu. Namun karena belum memegang paspor Indonesia, PSSI akhirnya membatalkan kedatangannya.
Tonnie Cusell Lilipaly
Belum banyak orang yang tahu siapa Tonnie Cusell Lilipaly. Dia adalah sepupu dari Stefano Lilipaly yang kini bermain di FC Hilversum yang berlaga di Topklasse, Liga ketiga di bawah Eredivisie dan Eerste Divisie.
Dia lahir 4 Februari 1983 dan sudah memperkuat berbagai klub di Belanda baik di liga utama maupun liga kedua. Perjalanan karir sejak remaja dari Vitesse Arnhem, RKC Waalwijk, FC Twente, AFC Amsterdam dan terakhir di FC Hilversum.
Menurut pengamatan Radio Nederland, Tonnie Cusell Lilipaly memiliki kecepatan yang bagus dan passing yang matang. Tidak jarang pula dia melesakkan gol dari kiri pertahanan lawan. Walau tubuhnya tidak terlalu tinggi dibanding rata-rata pemain Belanda, tapi skill penguasaan bola cukup bagus.
Bagi Ton, panggilan akrabnya, Indonesia bukan negara yang asing. Dia sudah pernah berlibur ke Bali. Dia sangat menyukai makanan dan keakraban orang Indonesia. Kepada Radio Nederland, Ton menuturkan sudah ada pendekatan dengan beberapa klub di Indonesia tanpa membeberkan nama.
Stefano Lilipaly
Stefano Lilipaly adalah pemain kelahiran Arnhem, Belanda, 10 Januari 1990. Dia memiliki dara Indonesia dari sang ayah Ron Lilipaly yang berasal dari Maluku. Sedangkan ibunya Adriana adalah warga negara Belanda. Dia pernah datang ke Indonesia untuk mengikuti seleksi timnas U-23 yang saat itu masih dilatih Alfred Riedl.
Dia pernah mewakili Belanda U-15 hingga U-18, namun berkeinginan membela timnas senior Indonesia. Dia biasa berposisi sebagai gelandang serang.
Stefano sudah mulai bermain sepak bola sejak umur 7 tahun di klub amatir DCG. Dia sempat pindah ke tim junior AZ Alkmaar sebelum bergabung dengan tim junior FC Utrecht.
Victor Igbonefo
Victor Igbonefo sudah tidak asing lagi buat para pecinta Liga Indonesia. Pemain kelahiran Nigeria 10 Oktober 1985 ini sudah memperkuat Persipura sejak tahun 2005 dan menjadi andalan tim Mutiara Hitam tersebut.
Igbonefo memulai karir di klub lokal Nigeria Nigerdock Soccer Academy dan First Bank FC Lagos. Bek berpostur 186 cm ini sudah menetap di Indonesia selama lima tahun dan ia bersedia untuk dinaturalisasi menjadi WNI.
Greg Nwokolo
Greg adalah pemain kelahiran Nigeria 3 Januari 1985 ini sudah akrab dengan kondisi sepakbola Indonesia. Dia memulai karirnya di klub Singapura Tampines Rovers FC 2004. Setelah semusim, Greg kemudian pindah ke Young Lions.
Greg memulai karir di Indonesia pada tahun 2004 bersama Persijatim Solo FC. Namun, ia memutuskan balik ke Singapura dan Di sana dia bergabung bersama Young Lions FC dan Singapore Armed Force.
Pada tahun 2099, Greg memutuskan bermain di Liga portugal bersama S.C. Oihanense. Setelah semusim, dirinya kembali bermain di Indonesia bersama Persija. Penampilan cemerlang Greg membuat BTN ingin menaturalisasi dirinya untuk bermain di Timnas Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar