Minggu, 14 Agustus 2011

Massa: Kami Datang untuk Nazaruddin

JAKARTA, KOMPAS.com — Di tengah hiruk-pikuk kesibukan awak media menunggu kedatangan M Nazaruddin (33) di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta, belasan orang pengunjuk rasa mendatangi gedung KPK. Dari luar pagar KPK, mereka yang sebagian besar laki-laki meneriakkan nyanyian yang mendukung Nazaruddin.
Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat itu tiba di gedung KPK sekitar pukul 22.23. "Selamat datang Nazaruddin, kami akan melindungi Nazaruddin," teriak kelompok tersebut.
Belum diketahui dari mana mereka berasal. Namun, dari kalimat-kalimat yang mereka teriakkan berisi dukungan kepada Nazaruddin untuk membongkar kasus-kasus korupsi, terutama yang berkaitan dengan anggota Dewan.
"Kami akan melindungi Nazaruddin untuk mengusut tuntas kasus korupsi," ujarnya.
Seperti diberitakan sebelumnya, dalam masa pelariannya, Nazaruddin melancarkan tudingan-tudingan terhadap sejumlah anggota Dewan. Dalam "nyanyiannya", Nazaruddin menyebutkan bahwa rekannya sesama anggota DPR, yakni anggota Badan Anggaran Angelina Sondakh, Mirwan Amir, dan Wayan Koster, terlibat dalam kasus suap wisma atlet SEA Games.
Dia juga menyebutkan bahwa Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum menerima dana dari proyek wisma atlet dan proyek Hambalang. KPK berjanji akan menindaklanjuti tudingan Nazaruddin tersebut.
Kini, buronan yang lari hampir tiga bulan itu telah pulang ke Indonesia. Nazaruddin tertangkap di Cartagena, Kolombia, Minggu (7/8/2011) waktu setempat. Setelah menjalani pemeriksaan singkat dan diserahkan resmi dari tim gabungan kepada KPK, Nazaruddin akan ditahan di Rumah Tahanan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar